Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Majalengka berdiri pada tahun 2006 dengan nomenklatur 60/D/O/2006 bersamaan dengan pendirian Universitas Majalengka pada tangga 18April 2006. Fakultas Ekonomi berubah menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka pada tanggal 05 Februari 2020 dengan berita acara yang di tandatangani oleh Prof.Dr. H. A. Yunus Drs., SH.,MBA., M.Si. sebagai ketua senat Universitas Majalengka dan Jaka Sulaksana, S.P., M.Si., Ph.D sebagai sekretaris Senat Universitas Majalengka periode 2018-2022.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka memiliki 2 program studi yaituAkuntansi dan Manajemen. Akreditasi kedua program studi Akuntansi dan Manajemen yaitu B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program Studi Manajemen terakreditasi B dengan nomer BAN-PT RI NOMOR 794/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019. Adanya akreditasi ini merupakan bentuk upaya Prodi dan UPPS dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di tingkat nasional. Jumlah mahasiswa aktif pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis secara keseluruhan berjumlah 889 mahasiswa. Dimana jumlah mahasiswa aktif untuk Program Studi Manajemennya yaitu 693Mahasiswa berasal dari SMA/SMK/MA sederajat dari Kabupaten Majalengka, Kabupaten/KotaWilayah Ciayumajakuning (Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, KabupatenIndramayu), Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Brebes dan ada juga yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Lampung serta kabupaten/kota lainnya.Kompetensi lulusan program studi manajemen menguasai manajemen SDM, manajemenkeuangan, manajemen operasional, manajemen pemasaran, kewirausahaan, sistem informasi manajemen dan studi kelayakan bisnis.

Dosen tetap pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis sebanyak 39 Dosen tetap Universitas Majalengka. Program Studi Manajemen memiliki 28 orang Dosen, yang terdiri dari 14 Dosenbergelar Doktor dan 14 Dosen bergelar Magister. Saat ini sebanyak 5 (lima) Dosen sedang melanjutkan program doktoral S3 yang terdiri dari 3 Dosen di Universitas Pasundan, 1 Dosen di Universitas Katolik Parahyangan dan 1 Dosen di Unikom. Jabatan fungsional Dosen pada Program Studi Manajemen terdiri dari 3 Lektor Kepala, 21 Lektor dan 2 Asisten Ahli yang sedang proses pengajuan Lektor dan 2 tenaga pengajar. Sebanyak 25 Dosen telah mendapatkan sertifikasidosen. Beberapa Dosen memiliki sertifikat kompetensi, baik dari Asesor BKD, Manajemen Agribisnis, LSPP, Assesor Of Competency – BNSP, IATC NO.064/STAIMAS/V/2021, Penilai Aset dan Properti, ToT Anti Korupsi, Kemendikbud dan Pekerti.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis memiliki Gugus Mutu Fakultas yang ditetapkan dalam SK Dekan dengan nomor A.40.03/210/FEB-UNMA/V/2018 dan nomor A.40.03/FEB-UNMA/003/V/2022 Gugus Mutu Fakultas merupakan kepanjangan tangan dari Lembaga Penjaminan dan Audit Mutu (LPAM) Universitas Majalengka. Program Studi manajemen menindak lanjuti fungsi dari Gugus Mutu Fakultas, diantaranya terkait dengan standar pendidikan,penelitian dan pengabdian masyarakat.